BAB V
KESIMPULAN
5.1. Kesimpulan
Kualitas
mencakup usaha untuk memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan. Hal itu
mencakup produk, tenaga kerja, proses maupun lingkungan. mengungkapkan bahwa
“Kualitas jasa yang baik akan memberikan dorongan kepada pelanggan untuk
menjalin ikatan, hubungan yang kuat dengan perusahaan. Selanjutnya ikatan
seperti ini memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami dengan seksama
keinginan serta kebutuhan pelanggan, sehingga dapat memenuhi keinginan dan
kebutuhan pelanggan.Dengan demikian,
perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memaksimumkan
pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman yang kurang
menyenangkan.
Melalui kepuasan pelanggan, diharapkan tercipta loyalitas
dimana pelanggan akan melakukan pembelian ulang atau pemakaian ulang, tidak
mudah terpengaruhi oleh perusahaan lain yang sejenis dan juga akan membentuk
promosi gratis bagi perusahaan yaitu dengan memberikan rekomendasi positif
kepada orang lain. Membangun loyalitas adalah cara paling efektif untuk
mencapai pertumbuhan laba secara konstan. Pelanggan yang terbaik adalah
pelanggan yang setia. Oleh karenanya, perusahaan harus dapat
mengidentifikasikan, mempertahankan dan memperkuat loyalitas.
5.2. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat dan berdasarkan
pengamatan penulis, maka penulis mebcoba memberikan saran kepada stiap
perusahaan harus. lebih memperhatikan
keluhan yang dilontarkan dari konsumen kepada pemilik ataupun karyawan mampu
menanggapi keluhan pelanggan dengan cepat dan memuaskan dengan pelayanan yang
diberikan kepada konsumen tersebut, maka konsumen akan kembali dengan
sendirinya dan hal tersebut merupakan promosi yang sangat jitu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar