Sabtu, 01 Desember 2012

BAB V KESIMPULAN



BAB V

KESIMPULAN


5.1. Kesimpulan 

Kualitas mencakup usaha untuk memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan. Hal itu mencakup produk, tenaga kerja, proses maupun lingkungan. mengungkapkan bahwa “Kualitas jasa yang baik akan memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan, hubungan yang kuat dengan perusahaan. Selanjutnya ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami dengan seksama keinginan serta kebutuhan pelanggan, sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan.Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan pengalaman yang kurang menyenangkan.

Melalui kepuasan pelanggan, diharapkan tercipta loyalitas dimana pelanggan akan melakukan pembelian ulang atau pemakaian ulang, tidak mudah terpengaruhi oleh perusahaan lain yang sejenis dan juga akan membentuk promosi gratis bagi perusahaan yaitu dengan memberikan rekomendasi positif kepada orang lain. Membangun loyalitas adalah cara paling efektif untuk mencapai pertumbuhan laba secara konstan. Pelanggan yang terbaik adalah pelanggan yang setia. Oleh karenanya, perusahaan harus dapat mengidentifikasikan, mempertahankan dan memperkuat loyalitas.

5.2. Saran 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat dan berdasarkan pengamatan penulis, maka penulis mebcoba memberikan saran kepada stiap perusahaan  harus. lebih memperhatikan keluhan yang dilontarkan dari konsumen kepada pemilik ataupun karyawan mampu menanggapi keluhan pelanggan dengan cepat dan memuaskan dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen tersebut, maka konsumen akan kembali dengan sendirinya dan hal tersebut merupakan promosi yang sangat jitu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar