BAB III
METODE PENELITIAN
3.1. Objek Penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini suatu merk dan
loyalitas konsumen. Objek yang menjadi sampel adalah 50 orang konsumen dari keseluruhan populasi yang diperoleh
penulis dengan menggunakan Kuisioner.
3.2. Data / Variabel Yang Digunakan
Data atau variabel yang digunakan berupa data primer dengan menyebarkan
kuisioner kepada konsumen, yang pernah datang untuk berbelanja di toko-toko tersebut. Kuisioner tersebut dibagi kedalam
lima dimensi yaitu:
- Dimensi
Ketersediaan Produk
- Dimensi
Harga Produk
- Dimensi
Adanya Promo
- Dimensi
Keramahan Petugas
- Dimensi Lokasi
3.3. Metode Pengumpulan Data
Penulis mengadakan proses pengumpulan data menggunakan cara field
Research ( Penelitian Lapangan) yaitu penelitian lapangan yang mengumpulkan dan
menerapkan beberapa metode antara lain:
- Wawancara
: Pengumpulan data yang dilakukam secara langsung berhadapan tatap muka
dengan orang yang diwawancarai.
- Observasi
: Mengadakan pengamatan langsung objek yang sedang penulis teliti untuk
mendapatkan informasi yang diperlukan sehubung tingkat kepuasan
konsumen.
- Kuisioner
: Metode pengumpulan data dengan cara membagi angket kepada responden
untuk diisi guna mendapatkan data yang diinginkan.
3.4. Hipotesis Penelitian
Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih
populasi, hipotesis juga merupakan jawaban sementara terhadap rumusan
masalah.
Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu :
Ho : Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan terhadap
sebuah merk dan loyalitas
Ha : Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan terhadap
sebuah merk dan loyalitas
3.5. Alat Analisis Yang Digunakan
3.5.1. Skala Likert
Skala likert yaitu mengukur sikap pendapat dan persepsi seorang
atau sekelompok orang tertentu fenomena sosial jawaban tersebut dapat di skor (
nilai ).
Dalam hal ini digunakan skala lima tingkat untuk memenuhi kepuasan
pelanggan setiap tingkatan akan diberi bobot sebagai berikut :
- Jawaban
sangat setuju diberi bobot 5
- Jawaban
setuju diberi bobot 4
- Jawaban
netral diberi bobot 3
- Jawaban
tidak setuju diberi bobot 2
- Jawaban
sangat tidak setuju diberi bobot 1
Adapun rumus yang di gunakan dalam skala likert :
Hasil = ( Jumlah sktor * jumlah sempel ) / jumlah pertanyaan
Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah
Interval = jarak / banyak kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar