BAB IV
PEMBAHASAN
4.1. Data Penelitian
Objek penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk dianalisis
adalah sebuah merk prodok dan loyalitas konsumen yang terdapat di toko-toko
terdekat.
4.2. Hasil Penelitian dan Analisa Pembahasan
Dari hasil penelitian yang diperoleh melalui pembagian lembaran
angket (Kuesioner) kepada 50 orang konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan
terhadap kualitas merk produk dan loyalitas konsumen, maka hasil penelitian
dibagi menjadi 5 dimensi kualitas pelayanan seperti :
- Dimensi
Ketersediaan Produk
- Dimensi
Harga Produk
- Dimensi
Adanya Promo
- Dimensi
Keramahan Petugas
- Dimensi
Lokasi
Adapun proses penilaian, pengumpulan, dan perhitungan data dari
pembagian angket (kuesioner) dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- Pengambilan
sampel. Pengambilan dilakukan dengan cara sample random sampling
(sampel acak sederhana) sebanyak 50 responden pada para konsumen.
- Kriteria
penilaian tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas merk produk dan
loyalitas konsumen, peneliti menggunakan data kuantitatif dengan bobot
sebagai berikut :
Tabel 4.1
Kriteria Penilaian Tingkat
Kepuasan Pelanggan
Keterangan
|
Bobot
|
Sangat
Setuju
|
5
|
Setuju
|
4
|
Netral
|
3
|
Tidak
Setuju
|
2
|
Sangat
Tidak Setuju
|
1
|
4.1.1. Hasil Penelitian Responden
Hasil penelitian responden ini didasarkan pada jawaban responden
sebagai pertanyaan kuesioner yang dibagikan :
Ketersediaan produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau
22%, setuju 29 responden atau 58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2
responden atau 4%, sangat tidak setuju 0 responden.
Harga produk sangat setuju 6 responden atau 12%, setuju 11
responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak setuju 17 responden
atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden.
Adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju
16 responden atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden
atau 16%, sangat tidak setuju 0 responden.
Keramahan petugas ketika pembeli hendak masuk dan keluar pintu
sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24 responden atau 48%, netral 13
responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau 14%, sangat tidak setuju 1
responden atau 2%.
Lokasi sangat setuju 16 responden atau 32%, setuju 28 responden
atau 56%, netral 6 responden atau 12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak
setuju 0 responden.
4.1.2. Skala Likert
Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan dengan metode skala
likert diperoleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap pelayanan yang di
terapkan pada merk produk dan loyalitas konsumen . Dengan menggunakan skala
likert diperoleh jumlah keseluruhan dengan rata – rata nilai 182,58 dengan
kategori setuju.
4.2. Rangkuman Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis pada merk
produk dan loyalitas konsumen mengenai kepuasan pelanggan, maka diperoleh hasil
perhitungan tingkat kepuasan dengan menggunakan Skala Likert dari hasil
analisis kuesioner yang dibagikan kepada 50 pelanggan Alfamart Sawangan – Depok
diperoleh hasil nilai indeks kerja (NIK) Rata-rata sebesar 182,58 yang artinya
pelanggan Alfamart Sawangan – Depok setuju dengan pelayanan yang diberikan.
boleh nanya???
BalasHapussaya anggap boleh.... :)
seandainya ada 10 pertanyaan yang disebarkan kepada 10 orang. Dengan tiap satu soal memiliki 4 jawaban. dengan skor tertinggi 4 dan terendah 1. bagaimana membahasnya menggunakan skala likert???
saya agak kesulitan dalam menentukan persen yang sangat setuju, setuju, kurang setuju dan tidak setuju. karena soalnya lebih dari satu buah...
mohon bantuannya ya....