ANALISIS JURNAL I
Tema : Cara Penjualan Kopi Kapal Api
Judul : Strategi Marketing Mix Kopi
Kapal Api
Pengarang : Hendy Nur Hidayat
Tahun : 30 agustus 2009
Latar Belakang:
Saat ini, pasar kopi olahan sudah menjadi industri yang
sangat terfragmentasi. Dengan lebih dari 500 perusahaan pengolahan kopi di
Indonesia, maka tingkat persaingan di industri ini sudah pasti sangat tinggi.
Secara garis besar, pemain di industri ini dapat dikategorikan ke dalam dua
golongan, yaitu mereka yang menggarap pasar nasional dan mereka yang bermain di
pasar-pasar lokal.
Dari sudut pandang permintaan, pasar kopi bubuk di Indonesia
masih memiliki potensi yang cukup besar. Dibandingkan dengan Amerika Serikat,
konsumsi kopi per kapita per minggu di Indonesia hanyalah sekitar 20%-nya. Ini
tentu saja merupakan indikator bagi daya tarik pasar.
Pangsa pasar kopi bubuk instant di negara kita hingga kini
masih dikuasai Kapal Api Group yang diproduksi oleh PT. Santos Abadi Jaya.
Perusahaan kopi bubuk yang tumbuh dari sebuah industri rumah tangga sederhana
di Surabaya, lebih dari 81 tahun silam pada tahun 1927, itu kini menguasai
mayoritas market share kopi bubuk domestik. Persaingan bisnis kopi di Indonesia
cukup berat karena banyaknya pemain. Namun demikian karena tingkat konsumsi
kopi Indonesia masih rendah, peluang industri ini sangat menjanjikan.
Saat ini terdapat sejumlah pemain untuk kategori produk kopi
instan. Banyaknya kompetitor merupakan tantangan yang harus dihadapi dalam
persaingan dunia usaha. Dalam memasarkan suatu produk sangat diperlukan
kepaduan 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Strategi marketing mix
dalam memenuhi kepuasan pelanggan dan mempertahankan awareness produk di mata
pelanggan.
Maksud dan Tujuan :
Maksud :
Penulisan
karya ilmiah ini dimaksudkan untuk megevaluasi strategi marketing mix Kopi
Kapal Api.
Tujuan :
1. Mengetahui strategi marketing mix Kopi Kapal Api.
2. Memperluas wawasan
mengenai marketing, khususnya mengenai strategi marketing mix PT. Santos Abadi Jaya.
Metodologi :
Data
dan Variabel
Data
: Sekunder / Kuantitatif
Variabel
: Marketing Mix
KESIMPULAN :
Kopi Kapal Api berhasil dalam mengoptimalkan strategi
marketing mix untuk memenuhi kepuasaan pelanggan. Inovasi produk terus
dilakukan dengan differensiasi produk dengan variasi rasa dan harga yang
terjangkau konsumen. Konsumen diberi kemudahan untuk memperoleh produk di pasar
dan tetap menjaga dan meningkatkan konsumen dengan menayangkan iklan maupun
mengadakan kegiatan-kegiatan yang inovatif
.
REKOMENDASI / SARAN :
REKOMENDASI / SARAN :
Kopi Kapal Api harus selalu memperhatikan
kompetitor-kompetitor yang ada. Kopi Kapal Api harus tetap melakukan inovasi
produk dan selalu menarik dan menjaga konsumen melalui promosinya, sehingga
jika ada ancaman dari produk kompetitor, Kopi Kapal Api tetap dapat
mempertahankan posisinya. Komunikasi pemasaran menjadi sangat penting karena
masing-masing kompetitor akan terus melakukan inovasi bahkan saling tiru-meniru
dalam rangka menaikkan market share.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar